Jenis Jerawat dan Pengobatannya

25 Jul 2012 | comments

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Info Jenis Jerawat dan Pengobatannya yang dimana umumnya, jerawat muncul pada masa remaja, dan pada beberapa kasus, berlanjut hingga dewasa. Jerawat masa remaja biasanya disebabkan oleh pengaruh hormon seksual yang meningkat akibat pubertas. Pada sebagian besar orang, jerawat akan menghilang pada awal usia dua puluhan.  Jenis kulit yang rentan terhadap timbulnya jerawat adalah jenis kulit berminyak, karena jenis kulit muka yang berminyak biasanya memiliki pori-pori kulit yang cenderung besar dan kelenjar minyak yang berlebih. Jika tidak sering dibersihkan, biasanya kotoran akan sangat mudah menempel dan akhirnya menyebabkan
jerawat. Sebelum membahas tips Cara Menghilangkan Jerawat Membandel , ada baiknya kita ketahui dulu penyebab dan jenis jerawat yang biasa muncul.

Jenis-Jenis dan Pengobatan Jerawat
Berikut jenis-jenis jerawat yang biasa tumbuh di wajah kita:

    Jerawat biasa

Cirinya tonjolan kecil di wajah dengan warna kemerahan atau merah muda dan terjadi peradangan. Penyebabnya bisa karena hormonal, stres ataupun udara lembap pemicu kulit memproduksi minyak, di mana bakteri dapat berkembang biak dan ahkirnya menyebabkan infeksi.

Untuk mencegahnya, Anda bisa dengan rajin membersihkan wajah menggunakan sabun wajah dengan kandungan benzoyl-peroxida, atau sabun sulfur. Namun hati-hati jika kulit wajah Anda termasuk yang berjenis kulit kering atau sensitif, karena penggunaan sabun sulfur akan menyebabkan kulit semakin kering.

Untuk pengobatannya, Anda bisa membeli obat tips menghilangkan jerawat yang beredar di toko obat dengan kandungan benzoyl-peroksida, yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri. Anda dapat juga membeli obat salep yang mengandung antibiotik seperti Garamicyn untuk membunuh bakteri dan mengurangi pembengkakan.

Jika obat jerawat tersebut tidak bekerja, lebih baik Anda konsultasikan ke dokter spesialis kulit. Biasanya Anda akan mendapat obat untuk tips menghilangkan jerawat yang mengandung vitamin A derivatif seperti Retin-A.

    Jerawat Batu (Cystic Acne)

Cirinya, bentuknya jauh lebih besar daripada jerawat biasa dan terkadang terasa sakit karena meradang dengan kuat. Biasanya berkumpul hampir di seluruh area wajah. Untuk jerawat jenis ini, lebih baik Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kulit Anda, karena obat-obat menurut tips menghilangkan jerawat yang dijual bebas di pasaran tak akan mampu menangani jenis jerawat yang satu ini.

Jenis jerawat batu ini biasanya disebabkan alasan genetik, yaitu kemungkinan Anda memang memiliki kelenjar minyak yang memproduksi minyak secara berlebih dan membanjiri pori-pori wajah dengan minyak. atau bisa juga disebabkan pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal. Artinya, sel-sel kulit tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal.
Tips menghilangkan jerawat

Tips menghilangkan jerawat banyak cara. Liputan terbaru Beragam tips menghilangkan jerawat ada baik dengan obat maupun dengan alami. Di bawai ini ada beragam tips menghilangkan jerawat yang Anda bisa coba diantaranya :

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk nipis
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk nipis Sangat mudah,yaitu campurkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah. biarkan kira-kira 15 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat.

Jeruk nipis Bisa digunakan untuk tips menghilangkan jerawat karena mengandung citric acid. citric acid sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat. lakukan ini dengan rutin dan konsisten selama kurang lebih 15 hari dan lihat hasilnya.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Putih Telur.

Cara atau tips menghilangkan Jerawat Dengan Putih Telur juga bisa. Pertama pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya. Kocok dan oleskan ke wajah kemudian diamkan selama 15 menit. Putih telur dapat digunakan untuk mengurangi minyak di wajah yang yang bisa menjadi pemicu jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi.
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi mungkin juga bisa dicoba. Pasta gigi yang digunakan atau yang bisa kita pakai untuk tips menghilangkan jerawat adalah yang berbentuk pasta bukan jell. Tinggal Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Kemudian Biarkan sampai pagi hari.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat juga bisa. Buah ini sangat ampuh untuk menghilangkan komedo hitam(blackheads). Caranya cukup mudah, Buah tomat dibelah jadi dua,kemudian di usap-usapkan kewajah yang berjerawat. Diamkan sampai 1jam kemudian bilas sampai bersih.

Lidah Buaya

Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Jika kalian cukup telaten, jerawat mungkin akan dapat mongering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Sekali lagi kuncinya hanya satu, TELATEN!

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih adalah hal sangat mudah diantara cara-cara yang lain. Tumbuk atau diiris bawang putih tadi, kemudian usapkan pada wajah yang berjerawat, tunggu hingga beberapa menit dan bilas sampai bersih
Lemon/Jeruk Nipis + Air Mawar

Lemon, jeruk nipis dan buah-buah sebangsanya mengandung citric acid yang sangat kaya, dimana citric acid ini sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat.

Caranya yaitu dengan mencampurkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang cukup luar biasa(sudah banyak yang membuktikan, termasuk saya).

Banyak tips cara mengatasi jerawat, salah satunya dengan menggunakan obat alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Berikut tips menghilangkan jerawat dengan obat alami:

    Siapkan 2 atau 3 lembar daun pepaya yang sudah tua
    Jemur daun pepaya hingga kering.
    Campurlah daun pepaya tersebut dengan air secukupnya, lalu dilumatkan dan diperas untuk diambil sarinya.
    Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.

Mencegah Jerawat

Untuk menghindari agar tips menghilangkan jerawat tidak bertambah banyak, penderita jerawat harus benar-benar komitmen melaksanakan tips merawat wajah berjerawat berikut ini:

    Jangan terlalu sering menyentuh atau memegang bagian jerawat karena tangan adalah bagian tubuh yang penuh dengan bakteri. Sering menyentuh jerawat dapat mengakibatkan jerawat tumbuh subur. Walau berat, cobalah menghindari hasrat untuk menyentuh wajah.
    Jangan memecah jerawat, apalagi keadaan jerawat masih baru tumbuh, karena hal ini dapat menyebabkan peradangan kulit dan menyebabkan noda hitam bekas jerawat.
    Usahakan untuk selalau menjaga agar kulit wajah selalu bersih dari kotoran, baik pagi, sore, dan malam hari yang cocok dengan kondisi kulit.

 Hindari pemakaian bahan perias wajah atau kosmetik sebelum tidur.

Untuk merawat kulit agar tidak kembali tumbuh jerawat, jika kulit wajah Anda normal, Anda bisa memilih pembersih wajah yang berjenis oil-fragrance free. Anda dapat memilih yang berlabel Ph balance yang artinya tidak mengandung deterjen (memberikan efek busa).

Namun jika wajah Anda berjenis berminyak, lebih baik gunakan pembersih muka dengan kandungan benzoil-perioxide atau salicylic acid. Untuk menghilangkan bekas jerawat, pada malam hari Anda bisa menggunakan krim malam khusus penghilang noda bekas jerawat, dan pada pagi harinya gunakanlah pelembab oil-free suncreen di seluruh wajah.

Untuk perawatan tambahan, Anda bisa menggunakan masker anti jerawat seminggu sekali atau menggunakan bedak dingin yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Jika Anda ingin mengurangi jerawat yang meradang, setiap malam sebelum tidur Anda dapat mengoleskan jeruk nipis atau tomat pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dan bersihkan sisa tomat atau jeruk nipis dari wajah Anda keesokan harinya.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © . Liputan Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger