Tips Kecantikan Rambut

9 Agu 2012 | comments

Tips untuk kecantikan rambut

Kecantikan rambut menjadi dambaan bagi setiap wanita dan kecantikan selalu identik dengan perlakuan khusus pada rambut, wajah dan tubuhnya. itulah mengapa tips kecantikan rambut sangat di butuhkan. Ada yang suka merawatnya dengan bahan-bahan alami, ada pula yang ingin cepat dan instan langsung tampak cantik dan sempurna. Semua disesuaikan dengan kebutuhan masng-masing dan budget pastinya.

Beberapa di antara model rambut wanita sudah cukup puas hanya dengan melakukan perawatan alami yang meskipun agak repot tapi cukup terjangkau dari segi harga. Sementara yang lainnya beranggapan mengapa tidak melakukan treatment khusus dengan yang instan dan aman meskipun harus mengeluarkan biaya agak berlebih.

Melakukan Perawatan Kecantikan Rambut dan Tubuh di Salon
Salon menjadi tempat favorit sebagian besar wanita yang ingin tampil cantik, wangi, dan menarik secara lahir. Berlama-lama di salon membuat wanita betah karena hasilnya membuat mereka lebih percaya diri dan tampil fresh.

Dahulu salon hanya khusus merawat dan memangkas rambut. Kini, salon sudah menambah fungsi baru yaitu sebagai tempat perawatan tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki. Salon and spa adalah paket perawatan ekstra yang kini banyak diminati tidak hanya oleh kaum wanita tetapi juga kaum pria.

Perawatan kecantikan rambut panjang dan tubuh di salon dan spa hendaknya dilakukan seminggu sekali atau dua kali dalam sebulan. Hal ini dilakukan selain karena perawatan di salon terbilang cukup mahal, Anda juga bisa menghindari bahan-bahan kimia yang pasti ditemui dalam rangkaian perawatannya. Sementara hari-hari biasa Anda dapat melakukan perawatan wajah dan tubuh sendiri di rumah. Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

Mandilah secara teratur. Paling tidak 2 kali dalam sehari. Dimulai dengan menyiramkan air bersih suhu normal ke wajah perlahan untuk membuka saraf-sarafnya.

Kemudian dilanjutkan dengan membasuh bagian atas tubuh seperti kedua lengan hingga pangkal lengan, bagian dada, punggung, kemaluan, pangkal paha hingga ujung kaki. Ini difungsikan agar saraf tubuh rileks sesaat sebelum mendapatkan guyuran air. Lebih baik lagi mandi dengan shower agar mendapatkan efek refleksi yang menyegarkan. Gunakan sabun cair atau batangan secara merata ke seluruh bagian tubuh lalu basuh sampai mendapatkan kulit yang kesat.

Keringkan badan dengan handuk halus yang bersih. Oleskan lotion pelembab kulit pada tubuh agar menjaga kekenyalannya di sepanjang hari. Jangan ragu untuk menyemprotkan parfum ke leher dan kedua ujung lengan di mana terdapat urat nadi. Ini dilakukan agar parfum kuat melekat. Sentuhan lotion juga memungkinkan parfum bertahan lebih lama pada kulit.

Sebelum ber-make up, bersihkan dahulu wajah dengan sabun khusus wajah. Gunakan pelembab wajah yang memiliki kandungan Sun Protection Factor(SPF). 1 SPF dapat melindungi sekitar lima menit dari sinar matahari di atas pukul 10 pagi. Gunakan make up sesuai kesempatan. Make up bermanfaat untuk membuat wajah terlihat lebih segar sekaligus melindungi dari matahari dan polusi udara.
Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan pakaian dalam dan luar yang Anda kenakan.

Merawat rambut bukan berarti harus rajin pergi ke salon. Dengan sedikit kemauan dan kreativitas, bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda bisa dijadikan bahan perawatan kecantikan rambut. Inilah beberapa tumbuhan yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan rambut yang cantik.

Buah Kelapa untuk Kecantikan Rambut

Buah kelapa bisa dimanfaatkan santan dan minyaknya untuk membuat rambut lebih cantik dan sehat. Mari kita ulas satu per satu.

1. Santan kelapa

Kandungan dalam santan kelapa bermanfaat untuk menjaga rambut agar tidak cepat beruban, menghilangkan ketombe, mengilaukan rambut, dan melembabkan rambut kering. Santan kelapa mengandung minyak murni yang sangat baik untuk menjaga kecantikan rambut.

Cara memanfaatkan santan kelapa untuk merawat rambut adalah sebagai berikut:

Ambil 1/4 butir kelapa yang sudah tua.
Parut atau hancurkan dengan blender. Jika menggunakan blender, jangan gunakan terlalu banyak air.
Larutkan bubuk kelapa dalam sedikit air hangat lalu peras hingga santannya keluar.
Santan kental inilah yang paling baik dan mengandung minyak.
Sebelum tidur, oleskan santan ini ke seluruh kulit kepala dan rambut hingga merata. Tutupi dengan shower cap lalu biarkan semalaman.
Cuci bersih dengan sampo pada pagi hari.
Lakukan ini 1 - 3 kali seminggu. Dalam 2 minggu rambut Anda akan terasa lebih sehat, lembut, dan bersinar.

Tips: Santan yang sudah diolah harus dipergunakan saat itu juga karena tidak tahan lama (mudah basi). Oleh karena itu jangan membuat terlalu banyak, buatlah untuk 1 kali pakai setiap akan menggunakannya.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa murni atau minyak klentik memang dikenal banyak khasiatnya. Salah satunya untuk kesehatan rambut. Seperti santan kelapa, minyak kelapa juga menjaga kesehatan dan melembabkan rambut. Kulit kepala yang kering juga dapat teratasi oleh minyak kelapa. Masalah lainnya seperti rambut rontok dan kusam pun dapat teratasi jika digunakan secara teratur.

Cara memanfaatkan minyak kelapa untuk kecantikan rambut adalah sebagai berikut:

Ambil 1 butir kelapa tua.
Parut atau blender hingga lumat.
Peras parutan kelapa untuk mengambil santannya. Lakukan berulang kali agar mendapatkan banyak santan.
Didihkan santan di atas api sedang. Tidak perlu diaduk-aduk.
Biarkan sampai santan habis dan di dasar wajan terdapat kerak kelapa.
Matikan api, ambil lapisan minyak kelapa murni yang ada di atas kerak kelapa. Masukkan ke dalam wadah.
Tunggu hingga dingin lalu oleskan merata ke rambut dan kulit kepala sebelum tidur. Bungkus rambut dengan shower cap.
Esok paginya, cuci bersih rambut dengan sampo.
Lakukan ini 1 - 2 minggu sekali.

Tips: langkah membuat minyak kelapa murni agak merepotkan dan memakan waktu. Jika mau, Anda bisa menggunakan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) yang beredar di pasaran.

Kemiri untuk Kecantikan Rambut

Sejak dahulu, perempuan Indonesia memanfaatkan kandungan minyak yang ada di dalam kemiri untuk merawat dan menghitamkan rambut. Selain hitam, rambut yang diolesi minyak kemiri secara teratur juga akan semakin lebat dan berkilau.

Inilah resep perempuan Indonesia memanfaatkan kemiri untuk kecantikan rambut:

Siapkan 6 butir kemiri.
Tusukkan pada 2 tusuk sate lalu bakar sampai menghitam (kurang lebih selama 30 menit).
Tumbuk kemiri yang sudah dibakar lalu tambahkan sedikit air.
Didihkan hingga mengeluarkan minyak di permukaannya.
Angkat lalu sisihkan sampai dingin.
Oleskan minyak kemiri ke rambut lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam.
Cuci bersih dengan air dan sampo.
Lakukan ini 1 - 3 kali seminggu.

Daun Lidah Buaya untuk Kecantikan Rambut

Daun lidah buaya populer dalam berbagai perawatan rambut. Tumbuhan ini sering dijadikan esens untuk sampo atau produk perawatan rambut lainnya. Lidah buaya mempercantik rambut dan menyehatkan rambut dengan mengatasi kerontokan.

Cara mudah memanfaatkan lidah buaya untuk menjaga kecantikan rambut adalah:

Pilih daun lidah buaya yang besar, tebal, dan banyak dagingnya.
Cuci bersih lalu belah dua secara melintang.
Ambil dagingnya dan pisahkan dalam suatu wadah.
Oleskan daging daun lidah buaya tersebut ke kepala dan rambut sampai merata.
Diamkan sekitar 10 - 15 menit lalu cuci bersih.
Langkah mudah ini bisa Anda lakukan 2 kali seminggu.

Itulah beberapa tips seputar kecantikan rambut, dapatkan info kesehatan rambut dan seputar kecantikan melalui liputan terbaru disini
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © . Liputan Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger