Mengenai Manfaat Kunyit Untuk Kita

16 Sep 2012 | comments

Liputan Terbaru mengenai manfaat kunyit ini banyak dipergunakan oleh kita sebagai manusia yang dikarenakan kunyit memiliki banyak manfaat , saat ini kunyit sudah banyak berubah bentuk menjadi bentuk-bentuk yang lebih modern seperti pada minuman, obat-obatan, kosmetik, sirup, dan lain sebagainya. Di dalam kunyit yang bernama latin Curcuma longe terkandung beberapa zat yaitu karoten, antioksidan, vitamin E, vitamin C, kurkumin, dan minyak atsiri.

manfaat-kunyit


Bagian dari tanaman kunyit yang dimanfaatkan yaitu pada bagian akar atau rimpangnya. Karena manfaat kunyit yang paling banyak dimanfaatkan adalah untuk penyembuhan dan kesehatan, maka tumbuhan ini termasuk ke dalam tanaman herbal yan tergolong ke dalam jenis akar-akaran. Berikut berbagai Manfaat Kunyit Untuk Kita.


Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan yaitu sebagai antioksidan yang berasal dari curcumin. Antioksidan yang terkandung dalam kunyit ini mampu mencegah oksigen mengoksidasi kolesterol, karena jika oksidasi itu terjadi, maka akibatnya adalah timbul pengerakan yang berbahaya bagi para enderita kolesterol. Jika kerak itu terjatuh atau terkena beturan dapat menyebabkan pembuluh darah pecah, higga membuat kondisi penderita menjadi semakin parah atau bahkan kematian.

Selain itu, oksidasi yang terjadi juga menyumbat darah mengalir ke jantung yang akhirnya dapat menjadi penyebab penyakit jantung. Manfaat kunyit lainnya yaitu untuk mengurangi rasa nyeri. Hal ini telah diteliti secara medis, dan hasilnya curcumin yang terdapat dalam kunyit ini membuat kunyit bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri yang terasa pada penderita inflamasi pada persendian atau pada wanita yang sedang mengalami rasa nyeri dan pegal-pegal ketika haid.

Manfaat kunyit ini dikarenakan oleh kemampuan curcumin untuk menghambat enzim COX-2 secara alami. Itulah sebabnya, rasa nyeri yang dirasakan penderita inflamasi sendi atau nyeri pada haid menjadi reda. Untuk wanita yang sedang haid, selain membuat rasa nyerinya hilang, kunyit ini juga membuat darah haid menjadi lebih lancar dan tidak berbau.

Manfaat kunyit ini juga yang membuat orangtua-orangtua zaman dulu juga seringkali menyarankan anaknya yang baru melahirkan dan sedang nifas untuk meminum kunyit. Biasanya mereka membuat sendiri dengan menghaluskan kunyit ini. Memerasnya dan mencampurkannya dengan madu atau bahan lainnya agar semakin berkhasiat dan rasanya juga lebih mudah untuk diterima lidah Anda.

Jika Anda atau keluarga Anda mengidap penyakit diabetes, Anda bisa gunakan manfaat kunyit untuk mengurangi resitensi insulin. Kemampuan inilah yang membuat manusia memanfaatkan kunyit sebagai salah satu bahan herbal yang dapat mencegah atau bahkan mengobati penyakit diabetes. Para penderita diabetes dapat mencoba mengonsumsi kunyit ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kadar gula darah di dalam tubuhnya.

Dengan kadar gula yang berkurang, maka perlahan akibat-akibat dari penyakit tersebut juga dapat diminimalisir. Manfaat kunyit lainnya dalam dunia kesehatan ini yaitu kemampuan curcumin pada kunyit untuk menghambat penumpukan senyawa beta amiloid. Senyawa ini sangat berbahaya bagi para penderita penyakit otak Alzheimer’s. Senyawa ini membuat terjadinya kerusakan pada otak para penderita Alzheimer’s maupun pada bagian plak-plak yang memang sudah terbentuk sebelumnya.

Itulah sebabnya sangat disarankan bagi para penderita Alzheimer’s untuk mengonsumsi kunyit ini secara rutin dalam bentuk apapun.Selain itu, para ahli juga telah meneliti bahwa manfaat kunyit lainnya dalam bidang kesehatan adalah untuk memperlambat penyebaran sel kanker yang ada di area payudara kaum perempuan. Hal ini sangat penting dan bermanfaat untuk mereka yang sudah didiagnosa mengidap penyakit kanker.

Dengan mengonsumsi kunyit sebagai obat, diharapkan kanker yang ada di payudara mereka tidak sampai menyebar ke arah paru-paru atau ke bagian-bagian tubuh lainnya. 

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Dalam bidang kecantikan, manfaat kunyit kerap kali dimanfaatkan untuk menjadi salah satu bahan kosmetik. Baik dalam bentuk lulur, sabun kecantikan, hand and body lotion, pelembab, alas bedak, masker wajah, dan banyak lagi jenis lainnya. Hal itu disebabkan karena kunyit ini dari zaman dahulu memang sudah dipergunakan masyarakat untuk kecantikan.

Misalnya saja di India, para wanita India menghilangkan rambut-rambut yang tidak diinginkan atau yang berlebihan yang mereka miliki dengan salah satu manfaat kunyit ini. Mereka mengubah kunyit ke dalam bentuk pasta sebelum digunakan. Tidak hanya itu saja, manfaat kunyit lainnya yang banyak digunakan para wanita yaitu untuk mencerahkan kulit mereka.

Untuk manfaat kunyit yang satu ini berasal dari kandungan senyawa THXs (tetrahydrocurcuminoids) yang dimanfaatkan untuk mencerakan kulit. Tentunya sangat berguna bagi para wanita yang hidup di wilayah yang berdaerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, India, dan lain sebagainya. Mereka yang hidup di area yang memiliki sinar matahari berlebih.

Untuk itu, kandungan kunyit ini dimanfaatkan untuk berbagai produk sunscreen atau sebagai tabir surya untuk menghindari efek-efek buruk dari sinar matahari yang langsung menerpa kulit. Sehingga manfaat kunyit ini dirasakan sangat baik untuk menjaga warna alami kulit.

Manfaat Kunyit Sebagai Pengawet Makanan

Manfaat kunyit lainnya yaitu untuk dijadikan sebagai pengawet bahan makanan. Salah satu contoh yang dapat kita temui yaitu pada berbagai jenis ikan atau daging. Hal ini dimaksudkan untuk membuat bahan makanan tersebut menjadi lebih awet karena terlindung dari kerusakan yang diakibatkan oleh adanya sinar matahari yang mungkin mengenai bahan makanan tersebut. Zat yang dimanfaatkan dalam hal ini adalah zat karoten yang terdapat dalam kunyit tersebut.

Manfaat Kunyit Sebagai Pewarna Makanan

Selain sebagai pengawet makanan, kandungan karoten yang terdapat pada kunyit juga dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pewarna makanan alami. Warna yang timbul adalah warna kuning, merah atau orange. Beberapa contoh makanan yang menggunakan manfaat kunyit dalam pewarnaan ini antara lain kare, mentega, keju, margarin, atau yoghurt. Biasanya kunyit dicampurkan degan zat warna lain yaitu annatto untuk bisa tercampur dan menghasilkan warna yang lebih baik.

Manfaat Kunyit Sebagai Bumbu

Jika Anda termasuk orang yang suka memasak, Anda pasti sudah familiar dengan penggunaan kunyit ini dalam masakan-masakan Anda. Di antaranya adalah untuk memasak ikan, daging ayam, gulai, nasi kuning atau nasi lemak, dan lain sebagainya. Manfaat kunyit sebagai bumbu ini selain mempercantik warna dari masakan itu, kunyit juga menghasilkan rasa yang khas dan membuat masakan tertentu menjadi khas.

Selamat mencoba, dan merasakan salah satu atau beberapa dari sekian banyak manfaat kunyit.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © . Liputan Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger