Sekilas Pengertian Masalah Kanker

18 Jan 2012 | comments

doctor logo1.jpg
Sekilas Pengertian Masalah Kanker yang dimana Kehidupan manusia dimulai dari sebuah sel telur di rahim ibu yang dibuahi oleh sel sperma ayah. Sel telur yang sudah dibuahi ini kemudian membelah terus-menerus. Sel-sel yang membelah tersebut kemudian membentuk jaringan dan organ tubuh. Selain untuk pertumbuhan, pembelahan sel juga berguna untuk penyembuhan luka atau mengganti sel-sel yang telah rusak. Pembelahan sel ini terjadi selama manusia hidup, namun Masalah Kanker dapat dikatakan sebagai penyakit gaya hidup karena dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat dan menjauhi faktor-faktor resiko.

Setiap sel dalam tubuh manusia mempunyai bentuk khas. Namun pada dasarnya sel mempunyai tingkah laku sama yaitu membentuk sel-sel baru dengan cara membelah, masa hidupnya tertentu dan kemudian mati atau rusak. Pembelahan sel hanya terjadi di bagian tubuh yang memerlukan misalnya saat terjadi luka. Untuk menutup luka tersebut terjadilah peningkatan pembelahan sel. Pembelahan sel ini diatur oleh faktor keturunan (genom) yang terdapat dalam inti sel tubuh. Genom mengatur keseimbangan faktor pemicu dan penghambat pembelahan sel. Genom dapat mengalami perubahan/mutasi sehingga terjadi kekeliruan dalam pengaturan pembelahan sel.

Oleh sebab-sebab tertentu genom mengalami perubahan sehingga terjadi mutasi sel. Sel mengalami pembelahan yang tidak sewajarnya (abnormal). Segala sesuatu yang menyebabkan pembelahan sel abnormal ini dinamakan karsinogen. Sel-sel abnormal mengalami pembelahan terus-menerus dalam waktu yang lebih cepat sehingga tumbuh berjejal-jejal dan membentuk benjolan. Sel abnormal yang mengalami pembelahan terlalu cepat ini dinamakan tumor. Tumor dapat timbul di semua bagian tubuh misalnya kulit, paru-paru, lambung dan bagian tubuh lainnya.

Tumor dibedakan menjadi dua macam yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Pada tumor jinak, sel-sel yang mengalami pembelahan terus-menerus terjadi di tempat asal sel dan dalam waktu yang relatif lebih lambat. Tumor jinak bersimpai dan berselaput pembungkus sehingga relatif tidak berbahaya dan mdah dioprasi. Pada tumor ganas, sel-sel yang mengalami pembelahan terus-menerus dapat berpindah tempat ke bagian lain di dalam tubuh dan membentuk tumor baru (mengalami metastasis). Waktu pembelahan sel-sel pada tumor ganas lebih cepat dibandingkan pada tumor jinak. Tumor ganas sering disebut juga kanker.

Secara garis besar kanker dibagi menjagi empat yaitu krisnoma, sarkoma, leukemia dan limfoma.

Krisnoma, yaitu kanker yang tumbuh dan berkembang di sel epitel
Sarkoma, yaitu kanker yang tumbuh dan berkembang di jaringan penunjang, misalnya jaringan penunjang payudara
Leukemia, yaitu kanker yang menyerang jaringan yang menghasilkan darah
Limfoma, yaitu kanker yang menyerang jaringan limfa

Gejala

Pada stadium awal kanker biasanya belum menimbulkan keluhan atau rasa sakit. Panderita biasanya baru menyadari tubuhnya terserang kanker ketika timbul rasa sakit. Biasanya keluhan ini terjadi pada fase kanker yang sudah memasuki stadium lanjut. Oleh karena itu pengenalan gejala kanker perlu dilakukan sedini mungkin meskipun belum ada rasa sakit. Pengenalan gejala kanker dapat dilakukan sendiri dengan cara WASPADA yang merupakan kependekan dari istilah-istilah berikut.

W = Waktu buang air besar atau kecil ada gangguan
A = Alat pencernaan terganggu dan susah menelan
S = Suara serak dan batuk yang tidak kunjung sembuh
P = Payudara ada benjolan
A = Andeng-andeng atau tahi lalat berubah sifat menjadi semakin besar dan gatal
D = Darah atau lendir yang tidak normal keluar dari lubang-lubang tubuh
A = Ada karang atau borok yang tidak sembuh-sembuh
Pencegahan

Pencegahan kanker dapat dilakukan sebagai berikut.

Hindari makanan yang berlemak tinggi serta makanan instan yang mengandung bahan pewarna dan pengawet
Hindari merokok dan asap rokok
Hindari hubungan badan dengan berganti-ganti pasangan
Hindari terpapar sinar matahari secara berlebihan
Hindari stres dan konflik berkepanjangan
Periksa kesehatan secara berkala
Hindari terapi hormon sintetis
Hindari ber-KB dengan penggunaan hormon sintetis dalam jangka waktu lama
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © . Liputan Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger