Yang Terjadi Saat Mengalami Kehamilan 5 Minggu

5 Des 2011 | comments

Kehamilan 5 Minggu.jpg
Yang Terjadi Saat Mengalami Kehamilan 5 Minggu dan bagi Anda yang sedang menjalani tanda awal kehamilan tentu saja sangat bersukur dan senang Meski baru bermur seminggu umur janin Anda, yang seukuran apel, ia telah mengelami perkembangan yang cukup. Plasenta mulai berfungsi, mengalirkan oksigen ke dalam tubuh bayi Anda. Seraingkaian sel yang nantinya akan menjadi jantung bayi Anda, mulai terbentuk, begitu juga dengan pembentukan otak.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang penting selama kehamilan seperti pada 10 tanda wanita hamil, terutama saat menginjakkan umur 5 minggu. Tidak usah khawatir dengan gejala dan perubahan yang Anda alami, karena semua wanita mengalaminya. Gejala yang sering muncul di kehamilan 5 minggu adalah sebagai berikut;

Sering buang air kecil

Menghabiskan terlalu banyak waktu di toilet hari ini? Alasannya adalah bahwa hormon kehamilan hCG meningkatkan aliran darah ke daerah panggul Anda dan ginjal Anda, yang memicu peningkatan frekuensi keluarnya urin dari tubuh Anda. Apa yang perlu Anda lakukan? Nah, Anda harus tetap mendapatkan cairan yang banyak karena tubuh Anda dan sang bayi membutuhkan pasokan cairan untuk tetap terhidrasi selama kehamilan. Tapi Anda bisa mengurangi kafein yang bersifat diuretik, yang hanya akan membuat Anda bahkan sering buang air kecil.
Kelelahan

Kehamilan adalah kerja keras, dan yang dapat menyebabkan Anda berubah dalam segala hal. Selama trimester pertama, sejumlah besar energi masuk ke dalam membangun sistem pendukung kehidupan bagi bayi anda (yaitu plasenta), yang dapat membuat Anda merasa hanya sedikit lelah. Juga perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh Anda. Kabar baiknya: Pada akhir trimester pertama Anda, tubuh Anda akan menyelesaikan tugas utama pembentukan plasenta. Sementara itu, banyak-banyak beristirahat dan makan dengan nutrisi benar (dan sering!).
Nyeri dan Perubahan Ukuran Payudara

Apa yang menyebabkan payudara Anda menjadi lebih besar? Kinerja dua hormon – hormon estrogen dan progesteron – sangat berpengaruh. Faktor-faktor lain termasuk lemak tumbuh dalam payudara Anda dan peningkatan aliran darah ke daerah tersebut, akan membantu mengubah payudara Anda menjadi mesin susu yang baik untuk bayi Anda. Untuk membantu meredakan nyeri payudara, pakailah bra yang bagus dan memakainya ke tempat tidur jika merasa nyaman. (dan meminta pasangan Anda untuk menangani mereka dengan hati-hati).
Mual

Perasaan mual di perut Anda, yang kadang-kadang dapat menyebabkan muntah, dapat menekan setiap saat, siang atau malam (! Tidak hanya pagi saja), terutama pada trimester pertama, akibat beberapa kombinasi kerja hormon, stres meningkat, dan perubahan tubuh lainnya (seperti indra penciuman yang menajam). Untuk menjaga mual di luar kontrol, jangan lewatkan makan, meskipun bahkan hanya memikirkan makan saja membuat Anda merasa sedikit sakit). Makanlah makanan yang menarik bagi Anda, dan mencoba untuk mengikuti diet sehat.
Air liur berlebihan

Merasakan banyaknya air liur dalam mulut Anda tanpa alasan sama sekali? Jika demikian, Anda mungkin mengalami tanda awal kehamilan: sebuah perut mual dan air liur berlebihan. Bagaimana mengatasinyaa? Mengunyah permen karet tanpa gula dapat membantu mulut Anda tetap kering meski hanya sedikit.
Mengidam dan Pantang Makanan

Tiba-tiba ada dorongan kuat untuk makan mangga muda? Tidak bisa tahan melihat durian? Selamat datang di dunia aneh yang mengidam dan menolak makanan. Hormon memainkan peranan di sini, terutama di minggu-minggu awal ketika tubuh Anda sedang mengalami kekacauan hormonal. Manjakan ngidam coklat atau mangga, selama masih dalam takaran yang wajar.

Apa yang harus Anda perhatikan dan lakukan di kehamilan 5 minggu?

Kesehatan

Jika Anda tidak terlalu memerhatikan pada apa yang Anda makan, sekarang adalah saatnya untuk memprioritaskan makan makanan yang paling bergizi yang bisa Anda dapatkan. Rata-rata wanita hamil membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra setiap hari. Itu benar: kalori ekstra!

Mulai berkonsultasi dengan ahli gizi yang berkualitas, yang dapat membantu Anda membuat rencana makan yang baik untuk Anda. Itu tidak berarti Anda harus makan makanan kesehatan yang membosankan sepanjang hari. Sebuah daftar nutrisi akan membantu Anda mendapatkan kebutuhan untuk bayi Anda terlebih dahulu, kemudian sisanya Anda bisa tetap makan makanan favorit Anda. “Makanan super” bergizi seperti kenari dan yogurt membutuhkan pengeluaran ekstra, tetapi itu memberikan nutrisi bagi Anda dan bayi Anda.

Saatnya Anda memperhatikan kesehatan Anda untuk bayi Anda, terutama dalam pemberian nutrisi. Meskipun Anda telah mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, mungkin saja Anda kebutuhan lainnya belum terpenuhi seperti asam folat, kalsium dan zat besi. Asam folat, yang termasuk ke dalam vitamin B, membantu dalam mencegah kerusakan urat syaraf dan mengurangi kemungkinan terjadinya lahir prematur; zat besi berperan penting dalam produksi sel darah merah yang membawa oksigen dalam darah; dan kalsium membentuk tulang dan gigi bayi Anda.
Bayi AndaJantung bayi yang berukuran mikroskopis ini mulai berdetak pada minggu ini-meskipun ini tidak akan terdeteksi oleh alat yang bernama Doppler ini selama beberapa minggu, sehingga Anda harus menunggu sedikit lebih lama untuk mendengar detak mungilnya. Inilah yang terjadi:
Seiring detak jantung, darah akan mulai beredar ke seluruh tubuh. Sistem organ pertama bayi Anda akan berfungsi!.
Dimulai dari otak; kardiovaskular sistem saraf dan reproduksi; serta semua sistem utama lain sedang berlangsung.
Perkembangan lebih jauh bayi Anda; munculnya kantung ketuban dan plasenta (seperti hotel dan restoran di dalam janin)-masih membentuk pada saat ini.
Terjadi perkembangan berkecepatan tinggi bayi Anda dari ukuran yang hanya 2 milimeter atau sebesar biji wijen.
Hidup Anda

Buatlah daftar semua hal yang Anda ingin lakukan sebelum kelahiran sang jabang bayi. Ingin pergi ke Prancis? (Atau bahkan tempat perbelanjaan peralatan bayi ?) Mulailah merencanakan, karena beberapa bulan berikutnya Anda akan benar-benar membutuhkannya.
Olahraga

Jika Anda belum merasakan tanda-tanda kehamilan tetapi ingin mulai berolahraga, setelah mendapatkan lampu hijau dari dokter atau bidan. Olahraga memang bias membuat Anda lesu, apalagi selama trimester pertama, seperti banyak wanita lainnya, Anda mungkin mudah merasa mual. Oleh karena itu mulailah perlahan dengan berjalan-jalan pendek atau mendaftar untuk kelas olahraga untuk ibu hamil, dimana instruktur dapat membimbing Anda supaya tetap sehat.
Ini Kehamilan Kedua?

Anda telah memiliki anak sebelumnya? Hal itu bias berdampak pada kelahiran berikutnya. Anak kedua dan seterusnya lebih cenderung tampil beda bahkan bisa menjadi artis, peneliti, atau pemberontak. Biasanya mereka lebih suka berpetualang, karena mereka sering diminta untuk mencoba hal lain yang mungkin kakak-kakaknya belum pernah melakukannya.
Bayi Kembar

Bagaimana menghadapi setelah mengetahui bahwa Anda akan memiliki bayi kembar? Anda tidak perlu khawatir tentang kondisi Anda. Anda masih bisa melakukan banyak hal selama porsinya tidak berlebihan.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © . Liputan Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger